laporan prakerin 03.07

Kegiatan saya dalam satu minggu ini di studio foto ABBA adalah pas foto,mengedit dan mencetak foto.

Hari pertama prakerin(01-06-2010)

Saya masuk jam 11.00,guru pembimbing dari sekolah menyerahkan tanggung jawab pada pembimbing dari pihak studio foto ABBA.Kemudian saya dan teman-teman saya ditanya program apa yang digunakan di sekolah untuk mengedit foto.Dan kami jawab Adobe photoshop,dan ternyata sama saja dengan yang digunakan di sana.

Hari ini kami hanya di ajarkan secara teori teknik2 pas foto,edit foto dan cetak foto tersebut oleh pembimbing dari studio foto ABBA.Selanjutnya saya di perintahlkan untuk mencari foto seorang pelanggan dan mencetaknya.

Hari kedua prakerin(03-06-2010)

Hari kedua ini saya di ajarkan mengedit pas foto dan mencetak foto-foto yang di hasilkan oleh karyawan-karyawan yang ada di studio foto ABBA.

Hari ketiga prakerin(04-06-2010)

Hari ini saya dan teman-teman saya di ajarkan secara praktik pas foto kemudian mengedit dan langsung cetak.

Hari keempat prakerin(05-06-2010)

Hari ini saya sudah mulai langsung melayani pas foto beberapa pelanggan yang datang.

Berdasarkan pelajaran dan latihan yang seya lakukan pada hari sebelumnya,teknik dasar pas foto umumnya adalah :

  • Memperhatikan berbagai pengaturan pada kamera yang di sesuaikan dengan cahaya lampu,dan sorot lampu yang mengarah ke background bukan mengarah pada objek,agar hasil foto tidak kelebihan cahaya pada objek (over lighting).
  • Posisi tangan yang benar saat memegang kamera agar kamera tidak goyang. Tangan kiri berfungsi sebagai penyangga kamera atau pengganti threefoot,serta ibu jari dan telunjuknya berfungsi untuk mengatur fokus kamera.
  • Setelah objek fokus,tekan satu kali dan selanjutnya saya hitung dari satu sampai tiga agar objek siap untuk difoto.saya memoto objek sebanyak dua kali agar orang yang menjadi objek nantinaya bisa memlih foto terbaik.
  • Foto di import ke komputer utama,selanjutnya,komputer mana saja bisa digunakan untuk mengedit foto karena menggunakan network connection.

Dan setelah itu,orang yang menjadi objek tadi bisa duduk di samping saya saat saya mengedit fotonya.Foto di crop dengan ukuran 3x4,dan di edit agar hasilnya lebih baik,kemudian di simpan dengan nama sesuai nama orang yang menjadi objek.Foto di crop lagi dengan ukuran 4x6 dan di simpan lagi dengan nama yang sama tapi ditambahkan 46 di belakangnya.

Selanjutnya foto dicetak,langkah-langkah cetak foto :

Buka aplikasi microsoft office power point,insert picture,kemudian atur atau susun foto dengan ukuran yang sesuai dengan permintaan pelanggan,kemudian print dan potong dengan baik dan benar.

0 komentar:

Posting Komentar