prakerin minggu ke-3 02.20

Tanggal 14 juni 2010
Hari ini say masuk sendiri pukul 08.00.yaah,seperti biasa,saya Bantu-bantu karayawan untuk mengedit dan mencetak foto.Hari ini,pelanggan lumayan banyak,jadi harus kerja extra.Sejaenak beberapa karyawan ABBA studio beristirahat dan duduk santai saaat tidak ada pelanggan yang datang.Saya minta pendapat pada salah satu karyawan ABBA studio,bagaimana caranya agar kita tidak merasa NERVES/gugup saat melayani pelanggan,sehingga hasil kerja kita bagus dan memuaskan.Dan dia bilang,”kita harus merasa bahwa kita lebih hebat dan lebih baik dari pelanggan kita.”ujar ka Hadi,karyawan ABBA studio yang sudah lima tahun bekerja di sini.Dan kata-kata itu akan selalu saya ingat selamanya.Insya Allah.Sebelumnya dua karyawan ABBA juga sering memberi nasihat-nasihat yang bermanfaat bagi saya dan teman-teman saya.Dari ka Isnan misalnya,saat waktu luang,ka Isna bidara pada kami”Tau ga kenapa rasa nerves ada?karena kita tidak menguasai apa yang kita kerjaakn,tapi kalau kita menguasainya,maka rasa nerves itu sama sekali tidak akan ada”.Dan ada satu lagi karyawan ABBA yang memberikan nasihat yang tidak kalah penting dan berguna.Namanya ka Ifan,salah satu karyawan ABBA yang sangat baik dan ramah.Pesannya pada saya”kalo kita lagi melayani pelaggan,lakuin aja apa yang kita mau dan kita bias,namun dengan hasil yang baik dan memuaskan tentunya,toh mereka juga ga ngerti apa yang kita lakuin”ujarnya.

Tanggal 15 juni 2010
Hari inji saya masuk pukul 14.00.
Pelanggan hari ini,lumayan banyak juga.Hari ini saya ditugaskan memotret beberapa pelanggan.Dengan dibekali nasihat dari karyawan ABBA studio,saya merasa sangat nyaman dan PD saat melayani pelanggan.Perasaan saya campur aduk,ada rasa puas dan ketagihan unutk melayani pelanggan lebih banyak lagi.Malam harinya,pukul 21.30,saya dan teman saya masuk lagi.Tapi yaa,kerjanya paling hanya cetak ulang pas f oto.

Tanggal 16 juni 2010
Hari ini saya masuk siang lagi.Kebetulan hari ini ada pedaman listrik bergilir,Jadi kali semua hanya duduk santai di teras studio yang sebenarnya adalah rumah sekaligus studio.Baisanya sih pakai jenset,tapi rusak karena terlalu lama di pakai pada hari Senin kemarin.Sekitar pukul 15.30,listrik menyala,kami semua kembali bekerja,karena saat listrik mati tadi,sudah banyak pelanggan yang datang.Karena sebentar lagi waktu shalat Ashar,semua karyawan shalat Ashar dulu ke Mesjid.Setelah itu baru kami melanjutkan kerja lagi.Karena waktunya sempit,siang ini hanya melayani sedikit pelanggan yang cetak uang pas foto.Tapi,ga papa deh,dari pada TIDAK sama sekali.Dan malam ini,saya masuk lagi.Tapi hujaan,bete deh.

Tanggal 17 juni 2010
Hari ini saya dan teman-teman saya masuk pagi pukul 08.00.Hari ini cuaca hujan dari pagi sampai sore,jadi pelanggannya tidak sebanyak hari biasa.Saya dapat pengalaman baru lagi nih,dari beberapa pelaggan yang saya potret pas foto tadi,salah satunya adalah calon pasangan suami isteri.Kenapa say asebut pengalaman baru,karena saya belum tahu kalau ternyata foto gandeng itu laki-laki diposisi sebelah kanan dan dan perempuannya sebelah kiri,ya saya kira sama saja.Yang lainnya,seprti biasa,saya memeotret,mengedit dan mencetak foto.Di studio ini,semua di lakukan sendiri oleh satu orang saja.Misalanya dari mulai memotret,mengedit,mencetak,memotong,menulis nota sampai mengantarkan ke kasir.Seperti pepatah mengatakan,”mulai waja sampai ka puting”Yah itu lah cerita dan pengalaman saya hari ini.Puas rasanya,kalau sudah bias melayani banyak pelanggan.

Tanggal 18 juni 2010
Hari ini saya dapat jadwal shift satu lagi.Pelanggan hari ini lumayan banyak meskipun waktu kerja lebih singkat dari biasa,karena hari Jum’at ini,istirahat pada pukul 11.30.Seperti biasa,yang saya kerjakan hari ini adalah melayani pas foto,karena memang kami hanya diajarkan dan di beri wewenang untuk melayani pas foto.Mulai dari memotret,mengedit dan mencetak foto.Hari ini hampir semua pelanggan yang ingin pas foto saya yang melayani,he he,NARSIS.tadi sempat terhambat sebentar karena listriknya padam.Tapi tidak lama kemudian listrik menyala lagi,dan kami kembali bekerja.

Tanggal 19 juni 2010
Hari ini saya dan teman-teman saya masuk pagi,begitu juga dengan semua karyawan ABBA studio,karena setiap Sabtu malam ABBA studio tutup.Kegiatan saya hari ini sama seperti hari-hari biasa,memoret,mengedit dan mencetak foto serta mencari fofo yang sudah ada dan ingin di cetak ulang oleh pelanggan.Hanya itu saja cerita saya hari ini,tidak panjang lebar.Wassalam.Terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar